Like Amarul Book's On Facebook

Wisata Pemandian Cibulan Kuningan Jabar

Wisata Pemandian Cibulan
Alamat : Jl. Raya manis kidul Desa manis Kidul
Kecamatan : Jalaksana
Jenis Wisata : Spiritual / rekreasi
Daya Tarik : Kolam Renang, Ikan Dewa, Situs Tujuh Sumur, Danau Batu Gajah, Hutan lindung, Rumah makan Kios makanan, Cinderamata, Sarana Parkir, Mushola, MCK dll.
Jarak Tempuh : 200 m dari gerbang dan jalan raya jalaksana
Riwayat Singkat
Obyek wisata Cibulan merupakan obyek wisata hutan air yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besa. Tinggi, dan rindang serta merupakan sumber mata air yang cukup bagus.
Kolam Cibulan yang banyak dihuni oleh ikan sejenis Kancra bodas ( putih) yang disebut juga ikan dewa. Ikan-ikan tersebut mempunyai misteri yang merupakan daya tarik dan ikan tersebut termasuk ikan langka . obyek wisata Cibulan yang konon adalah merupakan peninggalan wali yang menyebarkan agama Islam dan disana juga terdapat situs petilasan Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, dan terdapat Sumur 7 ( tujuh ) yang masing-masing. memiliki khasiat bagi orang yang mempercayainya antara lain :
• Sumur Kejayaan, Cisadane, kemulyaan, kemudaaan, Pengabulan, Keselamatan dan Cirancana
Dan pada waktu tertentu tempat-tempat tersebut banyak diziarahi orang luar kabupaten kuningan
Kolam tersebut dibangun secara permanen sekitar tahun 1939
Aspek Khusus
Objek wisata Cibuan terletak di Manis Kidul, Kec. jalaksana. Luas keseluruhan tanah yang dimiliki adalah 5 ha dan untuk luas Kolam Cibulan 600 m, 400 m kolam dewasa, 200 m untuk kolamanak-anak. Serta terdapat fasilitas antara lain :
- Kolam pemandian
- Situ Tirta Wulan
- Situs Sumur 7 ( Tujuh )
- Danau Batu Gajah
- Hutan Lindung
- Rumah Makan
- Kios Makanan dan Cinderamata
- Sarana parkir yg cukup luas
- Mushola- MCK dll.
Aksesibilitas
Untuk menuju ke tempat rekreasi dan Spiritual ini dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 200 m dari Jalan raya/ gerbang masuk Cibulan. Selain itu juga dapat menggunakan angkutan kota dengan jurusan Cirebon - Cirendang dengan biaya Rp. 3.000 – 5.000.

0 comments:

Post a Comment

JANGAN LUPA BERI KOMENTAR DAN BUKU TAMUNYA
THANKS TO VISIT IN AMARUL BOOK'S